7.10.20

Kartu e-money tidak terbaca? Mudah saja solusinya.

Pengalaman memiliki beberapa kartu jenis lain dari ATM ini, memberi kita kemudahan termasuk harus memastikan kehandalan fungsinya secara benar. Sebagai sarana pembayaran yang sah sesuai dengan peruntukannya yang di atur bank sentral kita, kartu seukuran atm ini mudah untuk didapat dan digunakan, selama fungsi magnetiknya masih kuat :).

Hampir semua bank di Indonesia punya kartu jenis ini dengan beragam namanya, fungsinya sama saja. E-money punya Bank Mandiri, Brizzi punya BRI, Flash punya BCA dan masih banyak lainnya. Secara tampilan kartu ini dapat di kustom sesuai pemesan, tentu saja lewat bank penyedia.

Kembali kepada pengalaman menggunakan kartu ini, saya pegang E-money sejak sekitar 2012, dapat pas acara Mandiri Run di jakarta sebagai bagian benefit bagi peserta. Desain masih standar warna coklat, dengan fungsi sebagai alat pembayaran yang masih terbatas saat itu. Untuk mengisi saldo bisa via atm dan pernah saya gunakan untuk bayar belanja di minimarket.

Setelah sekian lama jarang dipakai, beberapa waktu yang lalu saya mau gunakan sebagai sarana bayar tol jawa yang panjang itu. Sebelum masuk tol top up dulu di atm mandiri dan cek saldo masih bisa dengan isi yang cukup. Namun ternyata pada saat di pintu gerbang tol, kartu E-money ga bisa kebaca mesin pembayaran di pintu tol. Untung sedia kartu lain yang bisa digunakan. :)

Beberapa waktu kemudian, setelah baca di google dan bertanya di akun resmi tuiter bank mandiri, opsi yang bisa dilakukan atas e-money yang tidak terbaca adalah membawa kartu tersebut ke bank, guna dicairkan saldonya ke rekening mandiri kita. Okelah, akhirnya cara itu saya tempuh dengan datang ke customer service bank mandiri menyampaikan maksud tujuan. Di minta mengisi semacam form keluhan dengan kelengkapan nomor e-money dan sisa saldo serta rekening mandiri kita. Oleh petugas bank, kartu e-money di minta dan di gunting pojoknya biar ga bisa dipakai lagi katanya (ga sempat tanya apakah boleh diminta untuk koleksi, dll). Oleh petugas tersebut disampaikan maksimal 1x24 jam saldo emoney akan ditransfer ke rekening nasabah. Hal tersebut sesuai, karena sekitar dua jam kemudian ada notif dari bank mandiri bahwa saldo dari e-money sudah dikirim ke rekening sesuai saldo terakhir. Jadi memang opsi atas kartu emoney dan sejenis yang tidak terbaca adalah kirim saldonya ke rekening kita, bukan ganti atau transfer ke e-money yang lain. Menurut info yang valid, jika mau ganti kartu e-money, kita harus bayar dua puluh lima ribu sebagai pengganti kartunya. Menurut saya sih tidak perlu, karna masih ada kartu sejenis lain, yang secara fungsi sama persis, hanya beda bank penyedia. jadi, jangan biarkan saldo terbuang di e-money jika kartu sudah tidak berfungsi secara normal. Segera ke bank untuk dicairkan berapapun nominalnya. Proses cepat, tidak sampai dua puluh menit di customer service nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Pages